PAN Dinilai Selalu Berpihak kepada UMKM, Tokoh Masyarakat Sidoarjo: Banyak Pelaku Usaha yang Dibantu

0
53

Kerja nyata Partai Amanat Nasional (PAN) sukses meningkatkan perekonomian melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

WARTAKOTALIVE.COM – Kerja nyata Partai Amanat Nasional (PAN) sukses meningkatkan perekonomian melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kesuksesan tersebut membuat PAN terus menjadi partai pilihan dari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Tokoh Masyarakat Sidoarjo Jawa Timur (Jatim), Alifian Agung P mengatakan melihat kerja nyata PAN yang sukses merangkul UMKM lokal.

PAN selalu konsisten membantu agar produk-produk UMKM dapat meningkat secara kualitas.

“Saya melihat kerja nyata PAN dari para kadernya yang sukses meningkatkan ekonomi melalui UMKM. Ada banyak pelaku usaha dibantu oleh PAN,” kata Alifian.

Dia menambahkan PAN menjadi partai yang konsisten dalam membantu rakyat.

Ada banyak program-program PAN yang terus dilakukan oleh para kader untuk masyarakat.

“PAN di sini (Sidoarjo) ada banyak masyarakat yang mendukung PAN untuk melanjutkan kinerja dari para kader yang kami rasakan, termasuk UMKM,” tambah Alifian.

Dalam kesempatan berbeda, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Dapil Jatim I, H. Sungkono menegaskan komitmen PAN dalam menegakkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) melarang aktivitas jual beli pakaian impor bekas.

“Para UMKM lokal tak perlu khawatir, kami telah menegakkan bahwa barang-barang bekas hasil impor sudah diatur di Kementerian Perdagangan dan itu harusnya dilarang, karena itu bagian dari sampah,” ujar Sungkono.

Zulhas: Kerjasama dengan Influencer

Potensi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia sangat besar untuk dongkrak perekonomian Tanah Air.

Karena itu, Partai Amanat Nasional (PAN) mengupayakan banyak cara untuk dukung para pelaku UMKM agar bisa mengembangkan bisnis mereka.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengaku, partainya memiliki keseriusan tinggi untuk dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM. Hampir keseluruhan unit usaha di Indonesia melibatkan pelaku UMKM.

“Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia besar. Berdasarkan data, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha,” kata Zulhas saat Festival Indonesia di  Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat pada Selasa (11/7/2023).

Pria yang juga jadi Menteri Perdagangan RI ini terus dorong dan menggandeng sejumlah pihak untuk memberi pelatihan kepada pelaku UMKM.

Zulhas memandang pelatihan ini akan memberikan masukan yang efektif bagi pelaku usaha, guna menarik minat pembeli.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari packaging, strategi promosi, dan bimbingan terhadap UMKM itu sendiri,” ucapnya.

Selain memberi pelatihan, Zulhas bersama PAN juga turut aktif membentuk ekosistem pemasaran produk usaha mikro.

Salah satunya dengan menggunakan jasa influencer untuk berperan lebih aktif dalam mempromosikan produk UMKM.

Menurutnya, keberadaan influencer dalam ekosistem pemasaran produk usaha mikro penting.

Mengingat influencer sangat ampung dalam menyampaikan pesan terhadap anak muda, khususnya di kalangan generasi Z saat ini.

“Bagaimana kami bekerja sama dengan influencer yang kemudian bisa mem-blasting sebuah acara, yang nanti goal-nya bagaimana memajukan UMKM Indonesia,” ungkapnya.

Tidak hanya pemasaran dan pelatihan, Zulhas juga berupaya bagaimana bisa menghadirkan bantuan modal bagi para pelaku usaha UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Upaya ini diwujudkan dengan gandeng pihak perbankan, agar bisa memberi pinjaman modal yang mudah dan bunga yang kecil.

“Bahwa bank itu di samping sebagai stimulus perekonomian, terutama adalah di segmen bawah dan UMKM,” ujar Zulhas.

Bahkan Zulhas juga tidak ragu untuk turun tangan langsung dalam kegiatan promosi produk-produk UMKM, sebagaimana yang dia lakukan beberapa waktu lalu.

Dia terlibat dalam memasarkan produk UMKM dalam sesi Live Shopping di Festival Indonesia, Minggu (9/7/2023) lalu.

Dalam acara yang berlangsung di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat itu, Zulhas tidak ragu ikut berjualan secara daring di media sosial.

Beragam produk dan merek lokal ia tawarkan di kesempatan itu, mulai dari pakaian, tas hingga produk makanan seperti rendang.

 “UMKM juga harus ikut berjualan secara digital melalui lokapasar (marketplace).”

“Dengan begitu, pasar untuk produk-produk mereka tidak hanya berada di satu kota”

“Namun dilihat oleh seluruh dunia. Jangkauannya jadi tidak terbatas,” papar Zulhas.

Kata dia, produk dan merk lokal karya pelaku usaha dalam negeri memiliki kualitas yang bersaing dengan produk-produk asing.

Kualitas produksi yang sudah berada di jalur yang benar ini harus bisa meminimalisir promosinya.

“Kami terus mendorong para UMKM agar memanfaatkan lokapasar untuk merambah pasar yang lebih luas,” paparnya.

Sebagai Mendag, Zulhas juga tak pernah bosan untuk mengajak seluruh masyarakat agar terus mendukung perkembangan produk dan merek lokal.

Untuk itu, dia senantiasa dorong masyarakat agar memberi kesempatan bagi produk dan merek lokal untuk berkembang.

Caranya, membeli produk dan merek lokal serta memakainya.

“Bangga, beli, dan pakai buatan Indonesia,” pungkasnya.

Tren Elektabilitas PAN Meningkat

Tren elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) terus mengalami kenaikan sangat signifikan untuk Pemilu 2024 mendatang.

Kondisi demikian dinilai berkat kinerja memuaskan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

“Gerakan (kinerja Zulhas) tersebut mempunyai daya ungkit di kalangan pemilih untuk memilih PAN,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, Sabtu (8/7/2023).

Merujuk hasil survei Litbang Kompas bulan Mei, elektabilitas PAN menyentuh angka 3,2 persen atau mengalami kenaikan 100 persen dari bulan januari yang berada di 1,6 persen.

Adapun survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada bulan Juni merekam elektabilitas PAN yang berada di angka 5,0 persen, mengungguli Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 4,8 persen.

“Khusus PAN di pengalaman survei kita cenderung berada di bawah angka faktual di perolehan suara pemilu,” ujar Burhanuddin.

Naiknya elektabilitas PAN di sejumlah wilayah berkat kinerja Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan yang membuat harga bahan pokok stabil sehingga meringankan beban masyarakat.

“Beberapa wilayah besar menjadi perhatian dan kerja-kerja untuk kepentingan elektoral ini terus berlangsung,” jelas Burhanuddin.

Lirik Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir jadi figur yang dinilai paling layak untuk diusung sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

Diyakini, Erick Thohir paling diinginkan masyarakat, lantaran menunjukkan kinerja teruji dan membawa banyak keberhasilan.

Kepemimpinan sukses Erick Thohir tersebut bahkan tidak hanya selama menakhodai Kementerian BUMN semata.

Eks Presiden Inter Milan ini telah memiliki rekam jejak pemimpin mentereng bahkan sebelum masuk dalam kabinet Presiden RI Joko Widodo.

“Jadi saya kira sudah teruji apa yang dilakukan Pak Erick Thohir, apa yang diberikan tanggung jawab kepada beliau selalu mendeliver dengan baik” tutur Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, Jumat (7/7/2023).

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menuturkan, Erick Thohir merupakan sosok yang memiliki pengalaman kepemimpinan hebat.

Melalui itu membuatnya mampu menjadi pemecah kebuntuan dalam setiap persoalan.

Dalam artian bahwa ada masalah beliau turun masalah itu selesai.

Misalnya pada saat beliau menyelamatkan Harian Republika dari kebangkrutan,” terang Eddy.

Terlihat sekarang, dia menambahkan, kinerja gemilang Erick Thohir sudah terbukti bawa kemajuan besar untuk BUMN.

Sejumlah raihan membanggkan berhasil dicapai BUMN pada era kepemimpinannya ini.

“Beliau sebagai Menteri BUMN itu bisa serahkan kepada pemerintah dividen BUMN terbesar dalam sejarah Pemerintahan Indonesia pasca reformasi,” terang Eddy.

Hal itu karena telah tercatat pada tahun 2022 laba dan dividen Kementerian BUMN berhasil capai angka tertinggi dalam sejarah.

Tercatat laba pada BUMN menyentuh angka hingga Rp303 triliun.

Sedangkan dividen kepada negara sebesar Rp80 triliun.

Zulhas Kemungkinan Jadi Bacawapres

Partai Amanat Nasional (PAN) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, untuk melakukan perbaikan daftar calon legislatif (Caleg) yang bakal mengikuti Pemilu 2024 mendatang.

Sebagai informasi, Sesuai tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, hari Minggu (09/07/2023) merupakan hari terakhir penyerahan berkas perbaikan persyaratan administrasi bakal calon legislatif ( bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto mengatakan, bahwa total ada 580 Caleg yang terdiri dari 84 daerah pemilihan (Dapil).

Namun, dari ratusan nama tersebut, tidak ada nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas.

Menurut Yandri, Zulhas nantinya kemungkinan akan mencalonkan sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres). 

“Nama Bang Zul belum dicantumkan karena tentu masih ada pertimbangan lain dan kemungkinan Bang Zul masih ada pula untuk menjadi calon wakil presiden,” kata Yandri di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/7/2023).

“Bang Zul bisa nyaleg, bisa tidak, Tapi sampai sekarang kami sampaikan, kalau di Pilpres kan kami ada tiga skenario. Kalau tidak Prabowo-Erick, Ganja-Erick, atau Airlangga-Zulhas,” lanjut Yandri.

Yandri menambahkan, jika Zulhas masuk daftar bacaleg, Ketum PAN itu mendaftarkan dirinya di Dapil 1 Jawa Tengah. 

“Kalaupun nyaleg, insyaallah bang Zul  bakal menjadi Caleg di Jawa Tengah Dapil 1, yaitu di Semarang Kabupaten-Kota, dan Kendal,” pungkasnya.

Daftarkan 580 Bacaleg ke KPU RI

Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (12/5/2023).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan, partainya mendaftarkan sebanyak 580 bacaleg di keseluruhan 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Sedangkan, untuk DPR RI sebanyak 84 daerah pemilihan (dapil).

“Untuk DPRD prov sebanyak 301 dapil dengan jumlah caleg 2372 orang, 100 persen. Kabupaten/kota di 2325 dapil dengan jumlah caleg 17.512 orang, 100 persen,” ucap Zulhas di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Zulhas menambahkan, PAN siap sepenuhnya berkompetisi di kontestasi Pemilu 2024 mendatang dengan menganut prinsip untuk melakukan banyak hal baik dan mencegah hal buruk.

“PAN menyatakan telah siap lahir batin sepenuh jiwa raga untuk ikut kontestasi 2024 mendatang. Kader PAN di seluruh tanah air baik pusat dan prov/kab kota sekali lagi siap lahir batin,” kata Zulhas.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini sudah membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) DPR dan DPD periode 2024-2029.

Pendaftaran tersebut dimulai sejak Senin 1 Mei hingga 14 Mei 2023 mendatang.

Kemudian, waktu pendaftaran dimulai pukul 08.00-16.00 waktu setempat untuk 1-13 Mei 2023.

Khusus tanggal 14 Mei 2023, waktu pendaftaran dibuka lebih lama, yaitu pukul 08.00-23.59 WIB.

Sumber : https://wartakota.tribunnews.com/2023/07/12/pan-dinilai-selalu-berpihak-kepada-umkm-tokoh-masyarakat-sidoarjo-banyak-pelaku-usaha-yang-dibantu?page=all

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here